Skip to main content

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Yang Menjanjikan


Bagi anda yang ingin mulai mencoba peluang usaha UKM, anda bisa mencoba budidaya ikan lele. Mengapa ikan lele? Karena ikan lele dapat hidup dalam berbagai macam segala kondisi baik di lumpur maupun tempat yang tidak begitu besar. Selain itu, ternak lele tergolong mudah karena tidak membutuhkan banyak modal serta perawatannya yang tidak sulit. Nah, apa saja yang perlu anda lakukan untuk memulai budidaya ikan lele? Berikut kami beri penjelasannya :

Tips Budidaya Ikan Lele
1. Persiapan Kolam
Anda memiliki kolam yang tidak terpakai lagi? Anda bisa menyulap kolam yang tidak berguna ini lagi menjadi peluang bisnis ukm lho. Caranya cukup mudah, anda cukup membersihkan kolam itu, lalu mengisinya dengan air dan menunggu proses pembentukan lumut dan fitoplankton yang dapat menetralkan air kolam agar tidak keruh.

2. Memilih Bibit Unggul
Tentu saja anda ingin peluang usaha ukm anda berhasil bukan? Maka pilihlah bibit lele yang unggul. Anda harus memilih bibit lele yang sulit terserang penyakit, sehat dan lebih besar. Ciri-ciri bibit unggul yaitu akan lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, ukuran lele terlihat sama, warna sedikit lebih terang.

3. Pisahkan Berdasarkan Ukuran
Ikan lele termasuk jenis ikan kanibal yang memakan sesama jenis. Untuk menghindari kerugian pada usaha ukm anda, ada baiknya memisahkan lele yang berukuran lebih besar dan kecil. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lele saling memakan sesama jenis.

4. Penebaran Bibit
Cara penebaran bibit lele tidak bisa dilakukan langsung dalam satu tahap namun berkala. Isi ember dengan bibit lele lalu masukkan ke dalam kolam. Diamkan selama 30 menit. Biarkan bibit lele keluar dengan sendirinya ke dalam kolam. Gunanya adalah untuk menghindari stress kepada ikan lele. Lakukan penebaran benih pada pagi atau malam hari.

5. Kualitas Kolam
Kualitas kolam lele yang baik adalah kolam lele yang berwarna hijau. Anda juga harus rajin mengecek kedalaman kolam. Usahakan agar kolam lele tidak dangkal karena dapat membuat lele mati kepanasan dan merugikan peluang usaha ukm anda.

6. Pakan Lele
Ikan lele harus diberikan makan tiga kali sehari yaitu pada pukul 7 pagi, 5 sore dan 10 malam. Dalam pemberian pakan, anda tidak boleh memberikan pakan berlebih pada lele karena hanya akan membuat lele anda menjadi mudah terserang penyakit.

7. Pencegahan Hama Dan Penyakit
Untuk menghindari hama yang mampu merugikan peluang usaha ukm anda, bisa menggunakan penghalang seperti jaring disekitar kolam. Lalu, untuk menghindari penyakit anda dapat memberikan obat-obatan yang tersedia di toko hewan.

8. Proses Panen
Inilah hal yang paling ditunggu oleh anda. Memanen lele bisa dilakukan setelah 3 bulan sedari bibir disebar.

Diatas adalah tips-tips dalam memulai peluang usaha ukm budidaya lele yang menjanjikan. Selain itu modal pun tidak banyak. Jangan lupa setelah memanen lele, anda perlu membersihkan kolam lele untuk melakukan penebaran bibit baru. Semoga sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Memulai Bisnis Kedai Kopi Ala Cafe Dengan Modal 10 Juta

Usaha warung kopi kini banyak dijadikan sebagai peluang usaha ukm. Pasalnya bisnis ini banyak dilirik dan diminati karena masyarakat indonesia yang hobi begadang sambil minum kopi. Atau malam minggu banyak anak muda nongkrong di warung kopi sambil kumpul main game. Ingin punya kedai kopi ala cafe sebagai peluang usaha ukm juga? Tapi tidak punya modal banyak? Jangan khawatir. Berikut ini adalah tips memulai bisnis kedai kopi ala cafe dengan modal minim :

Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi Ala Cafe
1. Target Konsumen
Pertama untuk memulai peluang usaha ukm, kamu perlu mengerti siapa target konsumen kamu. Tergolong mahasiswa, pekerja pasar, borjuis atau bagaimana? Dengan mengetahui target konsumen anda akan mengerti langkah apa yang harus anda lakukan selanjutnya.

2. Lokasi Bisnis
Tempat yang strategis membantu peluang usaha ukm anda berjalan lancar dan baik. Anda dapat memilih lokasi yang ramai dan mudah dikunjungi. Begitu pula jika anda ingin mengkonsep bisnis kedai kopi anda ala kafe. Pi…

4 Jenis Usaha Dengan Modal Dibawah 3 Juta

Memiliki  usaha sendiri adalah  pilihan yang sering diambil oleh pemuda zaman sekarang. Tidak bekerja dibawah tekanan orang lain dan berusaha sendiri adalah hal yang tentu saja di incar oleh anak muda, tetapi pemuda yang baru terjun ke dunia bisnis biasanya tidak memiliki modal yang terlalu banyak. Hal ini menjadi sesuatu yang menghambat mereka untuk menjalankan bisnis yang diinginkannya, peluang usaha UKM dengan modal sedikit  tentu saja bukan hal yang mustahil, berikut adalah jenis usaha yang bisa dimulai dengan modal dibawah 3 juta:

Jenis Usaha Dengan Modal Dibawah 3 Juta
1. Menjual Makanan yang Unik
Menjual makanan unik yang dimaksud adalah menjual makanan yang belum pernah dijual di kota kita. Bisnis makanan menjadi pilihan yang tepat karena memang bisnis jenis ini tidak pernah sepi pelanggan, apa lagi jika kita pandai dalam memasak atau meracik bumbu makanan yang lezat. Lihatlah peluang makanan apa yang unik dan tidak pernah dijual di kotamu, mungkin seperti tachos, es krim moc…

20 Peluang Usaha Yang Bisa Di Lakukan Di Desa Yang Menguntungkan

Peluang usaha UKM di Rumah – Kepada warga  desa, jangan kawatir, sekarang ini terdapat banyak peluang bisnis rumahan di desa yang sanggup membawa kehidupan ekonomi Anda menjadi lebih baik. Ini terjadi lantaran sekarang desa bukan lagi daerah terpencil yang identik dengan kata miskin, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa justru menjanjikan sebuah peluang usaha yang luar biasa.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet adalah salahsatu kekuatan yang menciptakan ide peluang usaha rumahan di desa. Teknologi internet membuat desa tidak lagi menjadi ketinggalan di bandingkan daerah perkotaan.

Malah desa mempunyai banyak komoditas yang tidak dimiliki orang-orang di kota. Hebatnya lagi, banyak sekali usaha di desa sanggup dikembangkan menggunakan skala modal mini.

Berikut ini 20 peluang bisnis rumahan yang bisa di kembangkan pada desa yang kini menjadi peluang pendapatan yang potensial & gampang dikembangkan baik secara offline maupun online…